• REKAYASA PERANGKAT LUNAK
    STMIK PELITA NUSANTARA
  • "Pendidikan Untuk Semua"

Profil Lulusan

A. Profil Lulusan

Mengacu pada Association for Computing Machinery (ACM) SE 2014 Curriculum Guidelines for Undergraduate Degree Programs in Software Engineering, KKNI APTIKOM 2016 serta Peta Okupasi dalam Kerangka Kualifikasi pada Area Fungsi TIK BNSP 2017 dirumuskan profil lulusan dari Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut.

  1. Application Programmer
    Seorang pemrogram aplikasi/software (application programmer) adalah seorang profesional IT yang menulis kode program untuk berbagai macam software. Lulusan Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak diharapkan mampu membuat software yang dapat berjalan pada platform desktop, web, mobile, iot, dan game.
  1. Database Programmer
    Seorang pemrogram basis data (database programmer) adalah seorang profesional IT yang merancang struktur database, membuat database query yang akan dijalankan oleh aplikasi, memastikan performansi database, dan memelihara integritas serta ketersediaan data di database. 
  1. Software Analyst
    Seorang analis perangkat lunak (software analyst) adalah seorang profesional IT yang menganalisis kebutuhan pengguna dan menyiapkan spesifikasi perangkat lunak yang akan dikembangkan. Software analyst menjembatani antara pengguna dengan pengembang perangkat lunak.
  1. Software Engineer
    Seorang software engineer adalah seorang profesional IT yang mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering untuk membuat spesifikasi, desain, konstruksi, pengujian dan pemeliharaan perangkat lunak.
  1. Technopreneur
    Seorang yang memiliki usaha mandiri dalam bidang teknologi khususnya pengembangan perangkat lunak (technopreneur).

 

B. Capaian Pembelajaran Lulusan

Aspek Sikap

  1. Mampu menunjukkan sikap Religius dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mampu menjunjung nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  4. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila
  5. Mampu bekerjasama dan menunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  6. Mampu menunjukkan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  7. Mampu menunjukkan ketaatan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Mampu menunjukkan sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya  secara mandiri
  9. Mampu Menunjukkan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik

 

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan   melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

Aspek Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
  2. Mampu menerapkan dasar-dasar kebutuhan/requirements, melakukan pengumpulan kebutuhan, menerapkan ekonomi teknik dan menerapkan cara mendapatkan dokumentasi dalam spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.
  3. Mampu menerapkan tools/alat-alat untuk membangun perangkat lunak komputer dalam melakukan desain arsitektur dan menerapkan strategi yang tepat dalam mendesain dan mengembangkan perangkat lunak.
  4. Mampu melakukan Validasi dan Verifikasi dalam melakukan evaluasi desain perangkat lunak dengan menerapkan proses review dan analisis statistik.
  5. Mampu membangun perangkat lunak yang aman dan menerapkan manajemen konfigurasi dengan metodologi perancangan yang sesuai.
  6. Mampu melakukan pengujian/testing serta menganalisis problem dan pelaporan dalam membangun perangkat lunak.
  7. Mampu melakukan penerapan jaminan kualitas proses dan produk perangkat lunak.
  8. Mampu menerapkan keamanan komputer dan jaringan dalam mengembangkan perangkat lunak.

 

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada pembuatan perangkat lunak seperti software modeling and analysis, pattern analysis, ethnographic, knoledge elicitation, dengan berbagai bahasa pemrograman untuk berbagai keperluan.
  2. Mampu mengembangkan perangkat lunak dengan menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan terkini agar menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  3. Mampu melakukan pengujian, validasi dan verifikasi perangkat lunak untuk menjamin kualitas perangkat lunak.
  4. Mampu mengembangkan basis data untuk perusahaan atau instansi bersekala besar dengan menerapkan metodologi pengembangan basis data yang sesuai, berdasarkan kebutuhan pengguna.
  5. Mampu menganalisis dan menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak bersekala besar.
  6. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan, serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab, jujur dan disiplin atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri.

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Kurikulum

Struktur Program dan Beban Belajar Mahasiswa SEMESTER I No. KODE MK MATA KULIAH T P SKS 1 RPSK101 Pendidikan Agama 2   2 2 RPSK102 Pendidika

04/02/2021 12:55 - Oleh Andri - Dilihat 59 kali
Profil

Identitas Program Studi   Perguruan Tinggi : STMIK Pelita Nusantara Unit Pengelola Program Studi : Bidang Akademik E-Mail dan Website : pelitanusantaramdn@yahoo.co

07/05/2020 05:09 - Oleh Andri - Dilihat 97 kali
Visi dan Misi

A. Visi Program StudiMenjadi program studi yang inovatif, unggul dan berstandar nasional dalam bidang rekayasa perangkat lunak di indonesia pada tahun 2026.   B. Misi Program Stud

07/05/2020 05:09 - Oleh Andri - Dilihat 85 kali